https://tripleboostershop.blogspot.co.id/

Manfaat dan kandungan biji mangga
Manfaat dan kandungan biji mangga. Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Mangga adalah buah yang berasal dari india dan dari bahasa latin dikenal dengan Mangifera Indica. buah mangga termasuk kelompok buah batu yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah - ubah bergantung pada macamnya mulai dari bulat telur hingga lonjong memanjang. dan varietas mangga sangat beraneka ragam misalnya mangga gedong,mangga gadung , mangga indramayu, mangga arum manis dan mangga golek. panjang buah kira - kira 2,5 - 30 cm. di balik kelezatan buah mangga , buah dan biji mangga sangat berkhasiat bagi kesehatan.

mangga memiliki kandungan vitamin A,C dan E sangat bagus untuk keremajaan kulit dan mencegah kanker karena di dalam mangga terdapat karotenoid yang di sebut crytoxanthin, yaitu bHn penumpas kanker yang baik. kandungan asam galat yang ada di mangga, sangat baik untuk pencernaan. selain itu kandungan riboflavinnya baik untuk menjaga kesehatan mata, mulut dan tenggorokkan. buah mangga juga memiliki kandungan air 75%-80%.

Buah mangga mempunyai komposisi kimia, yang terdiri dari air, karbohidrat, dan berbagai macam asam, protein,lemak,mineral,zat warna,tanin,vitamin serta zat zat yang mudah menguap dan berbau harum. komposisi yang paling banyak adalah air dan karbohidrat.

Selain daging buahnya, kulit mangga juga akan AHA (alpha hydroxyl acid) dan dengan mengonsumsi mangga secara teratur dapat membuat kulit semakin lembut dan lebih berseri. karena mangga sangat efektif dalam mengurangi penyumbatan pori - pori dan memiliki anti-oksidan yang tinggi dan rendah karbohidrat. buah ini mengandung banyak triptofan yang sangat membantu dalam pembentukan serotonin yang memproduksi hormon pemacu kebahagiaan. bagi wanita hamil dan penderita anemia di anjurkan untuk banyak mengonsumsi mangga.

Adapun manfaat dari biji buah mangga yaitu :
  1. Biji mangga sangat bagus untuk pengobatan diare. Caranya yaitu dengan Biji harus dikumpulkan selama musim mangga, dikeringkan di tempat teduh dan dijadikan bubuk, serta disimpan untuk di gunakan sebagai obat bila diperlukan.
  2. Biji buah mangga dapat dimanfaatkan menjadi tepung ataupun makanan tradisional. Caranya yaitu biji diambil bagian tengahnya. terlebih dahulu membuang selaput tipis yang menyelimutinya. selanjutnya biji mangga dicuci bersih dan dikeringkan. setelah kering ditumbuk hingga menjadi tepung dan dijemur kembali. usai begitu tepung bisa dikonsumsi menjadi makanan sejenis bubur, jenang atau gorengan.
  3. Biji mangga dapat mencegah wabah Listeriosis. Tannin murni diekstraksi oleh Engels dari mangga. zat itu terbukti dapat menghalangi efek buruk dari berbagai jenis bakteri termasuk Listeria sejenis pathogen mematikan yang biasa menginfeksi daging dan menyebabkan wabah penyakit di Kanada pada 2008 lalu.
Demilian manfaat biji buah mangga.... mudah mudahan bermanfaat.

26 komentar:

  1. makasih mas informasinnya. informasi ini dapat saya jadikan inspirasi untuk menulis blog saya

    BalasHapus
  2. nice info. keep a good work.

    BalasHapus
  3. artikel nya bermanfaat, makasih pak..

    BalasHapus
  4. "wah cocoknih artikelnya
    terimakasih yah" sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Olshop sepatu !! Goo reseller / dropship.
    Menjual berbagai macam sepatu dengan harga murah kualitas grade ori..
    daftar sepatu :
    Adidas samba
    adidas dragon
    adidas campus dll
    converse (allstart) grade ori low & high
    Nike airmax one
    Nike tabung & full tabung
    nike running
    Nike waffle trainer dll
    Vans california
    Vans old school..
    maaf info lanjut invit 7E00978D .bagi yg serius mau beli / reseller sepatu
    harga grosir & ecer. Olshop lain no invit.

    BalasHapus
  6. I really enjoy simply reading all of your weblogs. Simply wanted to inform you that you have people like me who appreciate your work. Definitely a great post.
    http://obatmatasilinder.aldotter.com/

    obatmatasilinder.aldotter.com/

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content