https://tripleboostershop.blogspot.co.id/

Khasiat Tanaman Kencur
Khasiat Tanaman Kencur - Kencur yang memiliki nama ilmiah Kaempferia galanga ini termasuk jenis tumbuhan dalam suku temu-temuan yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman kencur dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Rimpang kencur memiliki aroma yang spesifik dengan daging buah berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat. Kencur juga dapat ditanam dalam pot atau kebun dengan sinar matahari yang cukup, tidak terlalu basah dan juga tidak dalam tempat yang terbuka.


Khasiat tanaman kencur

Kencur seperti yang sudah kita ketahui bahwa biasanya digunakan sebagai bumbu masakan atau jamu beras kencur. Namun sudah sejak lama tanaman kencur ini digunakan sebagai tanaman obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Kencur biasanya dimanfaatkan sebagai ramuan untuk menghilangkan rasa sakit kepala, influenza, keseleo dan beberapa penyakit ringan lainnya. Tanaman kecur mengandung beberapa senyawa kimia seperti pati, mineral, minyak atsiri, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, alkaloid, asam anisic, dan paraeumarin. Tanaman kencur selain dapat dikonsumsi dengan cara tradisional juga sudah banyak yang mengolahnya dalam bentuk suplemen modern. Karena tanaman kencur ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan juga dapat mengobati beberapa penyakit, seperti diantaranya :

  • Berkhasiat untuk mengobati radang lambung.
  • Berkhasiat untuk mengobati radang pada telinga.
  • Berkhasiat untuk mengobati influenza dan masuk angin.
  • Berkhasiat untuk mengobati diare dan sakit kepala.
  • Berkhasiat untuk menghilangkan darah kotor serta memperlancar haid.
  • Berkhasiat untuk melangsingkan tubuh dan mengobati jerawat.
Cara pemakaian pada tanaman kencur ini cukup mudah hanya dengan mengkonsumsi air rebusan atau untuk mengobati luka luar hanya perlu menumbuknya hingga halus dan dibalurkan ke bagian tubuh. Tanaman kencur ini juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa letih akibat kegiatan sehari-hari.

4 komentar:

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content