https://tripleboostershop.blogspot.co.id/

Manfaat dan kandungan Biji Selasih
Manfaat dan kandungan Biji Selasih. Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.

Biji selasih sendiri berasal tanaman Basil Thailand, dan diperkenalkan oleh orang India. Basilikum atau Ocimum adalah golongan tanaman yang dimanfaatkan daun , bunga dan bijinya sebagai rempah-rempah sebagai penyegar (tonikum).

Kandungan Biji Selasih

Berdasar penelitian, selasih mempunyai 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah.

Manfaat Biji Selasih

Dalam dunia kesehatan, biji selasih pun mempunyai banyak manfaat. Menurut Prof. hembing ahli tanaman, biji selasih mempunyai khasiat menenangkan ( sedative ) sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi keadaan gelisah, susah tidur ataupun sering gugup. Selain itu juga dapat bermanfaat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit maupunpanas dalam. Masih ada lagi, selasih juga mempunyai efek farmakologis merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang (antispasmodic ), peluruh keringat ( diaforetic ), menghilangkan rasa sakit ( analgetic ), peluruh kemih ( diuretic ), menurunkan demam ( antipirotic ), membersihkan racun dan meningkatkan sistem imun.

Manfaat biji selasih yang lain :

  1. Mengatasi Radang Lambung Caranya : Rebus 5 gram biji selasih dengan 200cc air, tambahkan 1 sendok makan madu. Selagi hangat minum 2 kali sehari. Masing - masing 100cc.
  2. Menghaluskan Kulit Wajah Caranya : Haluskan hingga menjadi bubuk biji selasih secukupnya, tambahkan air dingin secukupnya dan balurkan ke kulit wajah diamkan beberapa saat. lkukan 1 kali sehari untuk hasil maksimal.
  3. Menyembuhkan Sakit Gigi Caranya : Rebus 10 g biji selasih, 4 butir cengkeh dengan air secukupnya. Selagi hangat minum air rebusan tersebut.
  4. menyembuhkan sakit Kepala Caranya : Rebus 5 g biji selasih, 15 g jahe dan 15 buah angco ( bisa di beli di toko makanan cina ) dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya, dan makan biji selasih bersama angconya.
  5. Mengatasi Sering Gugup Caranya : Seduh 5 g biji selasih dengan 200 cc air panas, kemudian minum airnya setiap hari. Sekali minum 2 sendok teh.
Manfaat dan kandungan Biji Selasih

Demikianlan artikel kesehatan tentang Manfaat dan Khasiat Biji Selasih , Jadi pesan kami adalah jangan pernah melihat sesuatu dari luarnya saja, tapi lihat dalam nya pasti sangat banyak manfaat dan berguna contohnya saja Biji Selasih ini, semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk kita semua sekian dan terima kasih.

18 komentar:

  1. artikel nya sangat bermanfaatm trima kasih pak

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content