https://tripleboostershop.blogspot.co.id/

Manfaat dan kandungan biji durian
Manfaat dan kandungan biji durian. Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.Buah durian yang istilah latinnya Durio zibenthinus Murr ini berasal dari hutan Sumatra, kalimantan, dan Malaysia. Nama durian sendiri diambil dari karakteristik buahnya yang memiliki kulit rapat berduri .
Mengenal durian bukan saja dari harumnya yang menyengat dan enak dimakan saja namun durian memiliki keistimewaan lain di dunia kesehatan dan kecantikan, kulit dan daun durian juga bermanfaat dalam dunia kesehatan. Kulit daun bermanfaat untuk mengobati ruam pada kulit (sakit kurap) dan susah buang air besar (sembelit).

Jika dibakar, abu kulit durian dapat dijadikan pelancar haid. Bahkan, sering masyarakat jawa menjadikan kulit durian sebagai pengusir nyamuk. kono kabarnya di Malaysia justru yang digunakan sebagai obat adalah daun durian. Dengan meminum air rebusan daun durian, demam seseorang dapat mereda. Jika tidak suka rasanya, penderita bisa juga dengan meletakkan daun durian yang telah dijus diatas dahi.

Bukan saja buah durian yang manfaat namun daun , biji , kulit dan akar duriannya juga bisa dimanfaatkan untuk kepntingan obat atau kesehatan serta kepentingan lainnya .

Penjelasannya manfaat biji durian sebagai berikut :

Selain buahnya yang dapat dikonsumsi, ternyata biji durian juga dapat dikonsumsi dan mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan. Biji Durian mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium dan fosfor sehingga dimungkinkan dapat diolah menjadi produk pangan.

Kandungan Biji Durian memiliki kandungan pati cukup tinggi dan berpotensi sebagi alternatif pengganti makanan (dapat dibuat bubur yang dicampur daging buahnya), kulit dipakai sebagai bahan abu gosok yang bagus, dengan cara dijemur sampai kering dan dibakar sampai hancur.

Potensi dan Kandungan Nutrisi Biji Durian selain sebagai makanan buah segar dan olahan lainnya, terdapat manfaat dari bagian lainnya, yaitu: tanamannya sebagai pencegah erosi di lahan-lahan yang miring, batangnya untuk bahan bangunan/perkakas rumah tangga, kayu durian setaraf dengan kayu sengon sebab kayunya cenderung lurus.

Bijinya durian dapat direbus atau dibakar dan dapat dijadikan cemilan sehat karena mengandung pati yang sangat tinggi. Tapi perlu diingat, tidak diperbolehkan memakan biji mentah dari buah yang
berasal dari genus Durio ini, karena asam lemak siklopropena (cyclopropene) yang terkandung dalam biji durian bersifat racun bagi tubuh.

Biji durian juga dapat diolah sebagai campuran tablet, yaitu biji durian dikeringkan kemudian dibuat pati dengan menggunakan metoda ekstraksi. Pengertian Metoda ekstraksi adalah salah satu cara menghaluskan bahan sampai berukuran sangat kecil sehingga menyerupai debu halus.

34 komentar:

  1. Gak nyangka banyak ni manfaatnya gan.... makasih ilmunya

    BalasHapus
  2. artikel nya bermanfaat, terima kasih pak

    www.tokopasutri.org

    BalasHapus
  3. makasih pak, artikel nya bermanfaat..

    BalasHapus
  4. saya juga suka makan biji durian yang sudah di rebus

    BalasHapus
  5. artikelnya bagus,,bermanfaat,,,terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  6. Bagus juga untuk menambah pengetahuan

    BalasHapus
  7. informasi yang bgaus dan sangat bermanfaat sekali tentunya http://goo.gl/xsGdMn / http://goo.gl/u47ilp

    BalasHapus
  8. bener banget mas, saya juga pernah denger kalo bahkan ternyata kulit durian pun punya khasiat yang bagus untuk kesehatan

    BalasHapus
  9. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat menambah pengetahuan.
    Salam kenal dari
    Kolang kaling

    BalasHapus
  10. we matep tu Gan postingannya ,,,

    BalasHapus
  11. Luar biasa info nya
    sekalian mampir di http://psikoterapi-hipnoterapi.blogspot.in/
    Jika anda memiliki permasalahan pikiran, perasaan dan tingkah laku, segera konsultasikan :
    55246ECC
    untuk penanganan selanjutnya
    Salam sehat

    BalasHapus
  12. https://goo.gl/xCaGg3


    <a href="https://goo.gl/xCaGg3>jual aneka kripik khas malang</a>

    mksh infonya

    BalasHapus

Terimakasih Atas Kunjungan Sahabat
- Berkomentarlah Yang Sopan
- Tidak Diperkenankan Memasukan Link Aktif Pada Isi Komentar
- Berkomentarlah Sesuai Dengan Content